Pengertian Atsar Menurut Bahasa dan Istilah

Atsar menurut dari pendekatan bahasa artinya sama dengan khabar, hadits dan sunnah. Sementara itu, atsar menurut istilah adalah segala sesuatu yang diriwayatkan dari sahabat dan boleh juga disandarkan terhadap perkataan Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu, atsar menurut lughat atau etimologi adalah bekasan sesuatu atau sisa dari sesuatu, yang berarti sisa dari reruntuhan rumah dan sebagainya dan berarti juga nukilan.

Atsar

Sedangkan secara terminologi, ada sebanyak 2 pendapat mengenai definisi dari atsar ini sendiri.

Menurut istilah Jumhur ahli hadits mengungkap jika atsar sama dengan khabar dan hadits, yakni sesuatu yang disandarkan pada Nabi Muhammad SAW, sahabat dan tabi'in. Dari pengertian istilah tersebut, adanya perbedaan pendapat diantara kalangan ulama.

Sedangkan menurut ulama Khurasan, atsar untuk yang mauquf (disandarkan pada sahabat) dan khabar untuk yang marfu (disandarkan pada Nabi Muhammad SAW).

Jadi, atsar menjadi istilah untuk segala yang disandarkan pada para sahabat atau tabi'in, namun kadang juga dipergunakan untuk hadits yang disandarkan pada Nabi Muhammad SAW apabila berkaitan misal dikatakan atsar dari Nabi Muhammad SAW.

0 Response to "Pengertian Atsar Menurut Bahasa dan Istilah"

Posting Komentar