Pengertian Aquascape: Tujuan, Aquascaper dan Hobi

Pengertian Aquascape - Aquascape merupakan seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral atau kayu apung, secara alami nan indah di dalam akuarium, sehingga mampu memberikan efek seperti tengah berkebun di bawah air.

Sementara itu, aquascape biasanya terdiri atas ikan yang disamping juga dengan tanaman. Walau memang bisa untuk menciptakan aquascape dengan tanaman saja, atau hanya dengan menggunakan batu atau komponen lain tanpa adanya tanaman.

Jenis tanaman yang digunakan pada aquascape itu sangatlah bervariasi, mulai dari perawatan yang mudah seperti jenis moss dan anubias, hingga perawatan yang rumit.

Untuk membuat landscape dari aquascape, jenis tanaman biasanya akan dikelompokkan menjadi 3 bagian, yakni :
  • Foreground (tanaman yang diletakkan atau ditanam pada bagian depan atau bawah sebagai rumput atau karpet)
  • Midground (ditanam di tengah-tengah)
  • Background (ditanam pada bagian belakang, biasanya adalah tanaman yang bisa tumbuh tinggi)

Sementara itu, berdasar dari pencahayaan atau lighting, dibagi menjadi 3 juga, seperti : lowlight; midlight, dan; highlight.

Aquascape
Aquascape, via petbarn.com.au

Tujuan Aquascape

Tujuan utama dari adanya aquascape ini untuk menciptakan suatu gambaran bawah air, sehingga muncul aspek teknis pemeliharaan tanaman air yang juga harus dipertimbangkan dengan baik.

Banyak faktor yang harus seimbang di dalam ekosistem di sebuah tangki akuarium guna memastikan suatu bentuk keberhasilan terciptanya rasa indah dari seni aquascape yang telah diterapkan.

Faktor tersebut meliputi :
  1. Penyaringan (filtrasi)
  2. Mempertahankan kadar dari karbondioksida di tingkat yang cukup, sehingga bisa mendukung terjadinya fotosintesis di bawah air
  3. Substrat dan pemupukan
  4. Pencahayaan
  5. Kontrol alga (lumut)

Desain dari aquascape itu sendiri juga berbeda-beda. Ada beberapa desain yang cukup sering ditemui, seperti gaya belanda (dutch style) yang menyerupai taman dan adapula gaya Jepang yang mana terinspirasi dari kondisi alam.

Aquascaper

Penggemar atau hobi dari aquascape ini dinamakan dengan aquascaper, yang mana mereka merancang atau membuat pemandangan yang ada di dalam air tersebut.

Jika dibandingkan dengan akuarium, penerapan dari aquascape ini jauh lebih sulit, karena selain harus memelihara ikan hias tetap hidup, aquascape juga diharuskan agar pemandangan berupa tanaman hidup tersebut bisa tetap tumbuh dan berkembang dengan baik.

Maka dari itu, para aquascaper harus bisa untuk sering-sering memutar otak mereka, guna memperoleh hasil yang maksimal atau memuaskan.

Hobi yang Mahal

Hobi yang satu ini bisa dikatakan sebagai hobi yang mahal, karena kebutuhan untuk membuat seperangkat aquascape cukup merogoh kocek dalam-dalam.

Seperti untuk pembelian filter air, tanaman, pasir, dan perlengkapan yang lain yang memiliki harga lumayan cukup menguras kantong. Akan tetapi, walau demikian, aquascape masih bisa dihemat.

Dengan cara, mencari tanaman atau sumber daya yang lain dari alam, namun untuk mencari hal tersebut dari alam cukup sulit, terutama untuk yang tinggal atau berada di daerah perkotaan.

Kesimpulan

Dari banyaknya penjelasan di atas, bisa dilihat dengan lebih jelas jika aquascape memanfaatkan tumbuhan air, batu dan kayu guna membentuk suatu landscape yang indah dan berestetika dengan tambahan dari fauna (ikan, keong, udang) sebagai suatu pendamping, yang memiliki fungsi untuk menyeimbangkan ekosistem.

Jadi, apa itu aquascape? Dapat ditarik kesimpulan jika aquascape merupakan suatu seni, seni dalam mengatur tanaman air, karang, batu dan kayu, sehingga terlihat lebih alami dan indah untuk dipandang dalam akuarium, sehingga mampu memberikan efek atau sensasi seperti berkebun di bawah air.

0 Response to "Pengertian Aquascape: Tujuan, Aquascaper dan Hobi"

Posting Komentar